Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sparkol Video Scribe Pada Materi Siklus Air

Hanan, Nurdin dan Zulherman, Zulherman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sparkol Video Scribe Pada Materi Siklus Air. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601029146_NURDIN HANAN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601029146_NURDIN HANAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi sparkol video scribe pada materi Siklus Air pada kelas V. Tahap awal uji media dilakukan pada 4 orang ahli media, 4 orang ahli materi, 3 guru kelas dari 3 sekolah yang berbeda. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 74 orang peserta didik. Data yang diambil menggunakan kuesioner skala likert dengan nilai 1 sampai 5. Model pengembangan dari penelitian ini menggunakan model ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut : Analisis, Desain, Pengembangan, Implentasi, Evaluasi.
Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan nilai (1) Rata-rata nilai uji ahli media sebesar (80%) termasuk criteria “valid”. (2) Rata-rata nilai uji ahli materi sebesar (70%) termasuk criteria “Valid”. (3) Rata-rata uji coba kelayakan produk oleh guru sebesar (86%) termasuk criteria “Sangat Baik”. Dan (4) Rata-rata hasil ujicoba produk media oleh peserta didik sebesar (78%) termasuk kriteria “Baik”.
Kesimpulan dari hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, uji kelayakan pada guru dan uji coba pada peserta didik bahwa media sparkol video scribe baik digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas V Sekolah Dasar pada materi Siklus Air.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:52
Last Modified: 17 Jun 2022 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item View Item