Hubungan Perhatian Orang Tua, Lingkungan Sekolah Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa di SMPN Kec Muara Beliti Kab. Musi Rawas Sumsel

Rama, Kris Suspon dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2019) Hubungan Perhatian Orang Tua, Lingkungan Sekolah Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa di SMPN Kec Muara Beliti Kab. Musi Rawas Sumsel. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077002_KRIS SUSPON.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077002_KRIS SUSPON.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan perhatian orang tua (X1), lingkungan sekolah (X2) dan kemandirian belajar (X3)
dengan prestasi belajar IPS (Y). Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti
Kab. Musi Rawas, SUMSEL. (2) Terdapat hubungan positif antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL.
(3) Terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL. (4) Terdapat hubungan positif
antara perhatian orang tua, lingkungan sekolah dan kemandirian belajar bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N di wilayah Kec. Muara Beliti Kab.
Musi Rawas, SUMSEL tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 484 Siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Cluster Sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 103 siswa dan untuk uji coba instrumen sebanyak 32 siswa. Teknik analisis data penelitian dapat dilihat sebagai berikut: (1) terdapat hubungan
positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS dengan persamaan regresi Yˆ= 50,951 + 0,239 X1. Koefisien korelasi (rxy) = 0,212, dan koefisien determinasi sebesar 0,045 atau 4,5% signifikan pada α = 0,05. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara
lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan persamaan regresi Yˆ = 53,072 +
0,225 X2. Koefisien korelasi (rxy) = 0,202, dan koefisien determinasi sebesar 0,041 atau
4,1% signifikan pada α = 0,05. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara
kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS dengan persamaan regresi Yˆ = 46,127 +
0,296 X3. Koefisien korelasi(rxy) = 0,251, dan koefisien determinasi sebesar 0,063 atau 6,3%
signifikan pada α = 0,05. (4) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua (X1),
lingkungan sekolah (X2) dan kemandirian belajar (X3) secara bersama-sama dengan prestasi
belajar IPS (Y), persamaan regresi ganda Ŷ= 40,414 + 0,128 X1 + -0,184X₂ + 0,406 X3.
Koefisien korelasi parsial koefisien korelasi ganda Ry.123 = 0,278 dan koefisien determinasi
ganda (Ry.123)
2 = 0,077 atau 7,7% signifikan pada α = 0,05.
Berdasarkan temuan ini dapat dijelaskan bahwa secara umum perhatian orang tua,
lingkungan sekolah dan kemandirian belajar memiliki peranan yang penting dalam
meningkatkan prestasi belajar IPS. Maka dapat diambil makna, terdapat hubungan positif
antara perhatian orang tua, lingkungan sekolah, dan kemandirian belajar dengan prestasi
belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti sebesar (Ry.123)
2 = 0,077 atau 7,7% signifikan
pada α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, lingkungan sekolah, kemandirian belajar, prestasi belajar IPS
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:46
Last Modified: 16 Jun 2022 08:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item