Peran Guru Ips Dalam Mencegah Perilaku Bullying Dengan Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa (Studi Kasus Smp Muhammadiyah 3 Jakarta Pusat)

Siregar, Khoiruddin Saleh dan Bandarsyah, Desvian dan Qodariah, Lelly (2017) Peran Guru Ips Dalam Mencegah Perilaku Bullying Dengan Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa (Studi Kasus Smp Muhammadiyah 3 Jakarta Pusat). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_IPS_1509077002_KHOIRUDDIN SALEH.pdf]
Preview
Text
SPS_IPS_1509077002_KHOIRUDDIN SALEH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru IPS dalam mencegah perilaku bullying yang terjadi dalam interaksi sosial siswa dengan meningkatkan Kepedulian sosial siswa di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta Pusat. Kepedulian sosial dalam pendidikan Indonesia merupakan bagian dari pendidikan karakter bangsa. Kepedulian sosial adalah suatu sikap dan tindakan seseorang yang selalu ingin memberikan bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan(Maksum, 2016, p. 108). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada korban bullying untuk mengetahui fenomena
perilaku bullying yang siswa alami. Peran guru IPS dalam mencegah Perilaku Bullying dengan meningkatkan Kepedulian Sosial siswa terbagi mejadi lima yaitu:[1] Peran Sebagai Sumber Belajar [2] Peran Sebagai Pembimbing [3] Peran Mendidik Moral [4] Peran Sebagai Contoh (model) [5] Peran Komunikasi. Karena seorang guru bukan hanya Transfer Of Knowledge. Kesimpulan yang dapat peneliti ambil dari penelitian ini adalah, untuk mencegah Perilaku Bullying yang terjadi dalam interaksi sosial siswa dapat dicegah dengan meningkatkan Kepedulian Sosial siswa. Dengan meningkatnya Kepedulian Sosial siswa, perilaku bullyingakan dapat dicegah, karena siswa akan saling tolong menolong dalam mengatasi setiap masalah yang mereka alami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru IPS, Perilaku Bullying, Kepedulian Sosial
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:53
Last Modified: 16 Jun 2022 08:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14579

Actions (login required)

View Item View Item