PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR

Zulfadewina, Zulfadewina dan Iba, Khairil dan Noviyanti, Iis (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR, 3 (2). ISSN 2615-4625

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/vie...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran VAK pada peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental kategori The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh.Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,94 > 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,109 < 0,161, dan kelas eksperimen Lo < Lt yaitu 0,095 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,05 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,49 > 2,002. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Zulfadewina Zulfadewina
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:39
Last Modified: 02 Jun 2022 08:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item