Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMKN 46 Jakarta

Pratama, Sigit Widya dan Suswandari, Suswandari dan Bandarsyah, Desvian (2019) Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMKN 46 Jakarta. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075028_SIGIT WIDYA PRATAMA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075028_SIGIT WIDYA PRATAMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta terkait dengan pengembangan nilai karakter. (2) Mengetahui bagaimana guru dalam mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta. (3) Mengidentifikasi pemahaman guru mengenai nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta. (4) Mengetahui bagaimana peserta didik dalam mewujudkan kesadaran nilai karakter melalui pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Dimana peneliti akan mengamati serta menganalisis pengalaman dari informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru sejarah dan peserta didik di SMKN 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta dimulai dari kegiatan awal, kegiatan Inti, dan kegiatan penutup yang didalamnya terintegrasi dengan nilai-nilai karakter seperti nilai cinta tanah air, jujur, disiplin, toleransi, gemar membaca. (2) Integrasi nilai karakter pada pembelajaran sejarah dilakukan guru dimulai dari proses perencanaan, pelakasanaan, dan evaluasi yang mana penanaman nilai karakter telah terintegrasi ke dalam RPP dan Silabus yang ditanamkan kepada peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. (3) Pemahaman guru yang telah memahami nilai karakter dengan baik tidak terdapat kesulitan dalam mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran di kelas. (4) Peserta didik dalam mewujudkan kesadaran nilai karakter melalui pembelajaran sejarah diwujudkan pada sikap perilaku peserta didik yang cinta tanah air, nasionalis, jujur, disiplin, toleransi, dan gemar membaca dimana tujuannya agar peserta didik nantinya dapat menjadi lebih baik di luar sekolah, di masyarakat, maupun di lingkungan keluarga dan tempat bekerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dalam mengembangkan nilai karakter peserta didik di SMKN 46 Jakarta telah terlaksana dengan baik dalam kegiatan sekolah maupun kegiatan pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:38
Last Modified: 24 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item