Implementasi Nilai-Nilai Social Studies dalam Kurikulum 2013 di SMKS Yadika 5 Tangerang Selatan

Indiputri, Pebi Ayu dan Suswandari, Suswandari dan Naredi, Hari (2019) Implementasi Nilai-Nilai Social Studies dalam Kurikulum 2013 di SMKS Yadika 5 Tangerang Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075021_PEBI AYU INDIPUTRI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075021_PEBI AYU INDIPUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui karakteristik pengorganisasian pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies) pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), (2) Mengetahui nilai yang dapat diimplementasikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies) di kehidupan sehari-hari peserta didik, (3) Mengetahui proses pengembangan dan penguatan nilai-nilai Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies) bagi peserta didik SMK. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis serta mengolah data baik yang bersifat sekunder maupun primer lalu menyimpulkannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran social studies di SMKmenekankan pada persiapan peserta didik ke dalam dunia kerjanya dimana peserta didik harus dapat memahami secara mendalam mengenai konsep dalam kehidupan bermasyarakat dan memiliki rasa bekerja sama sekaligus kompetititf yang baik di tengah masyarakat yang majemuk. Social studies dalam Kurikulum 2013 di SMK Yadika 5 dikembangkan berdasarkan disiplin ilmu sosial yang memuat materi Sejarah Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. (2) Guru menanamkan nilai-nilai dasar social studies yang berlaku di lingkungan masyarakat berupa membangun kemampuan beradaptasi, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki nilai kejujuran, toleransi dan mampu bekerja sama. (3) Penanaman dan penguatan nilai-nilai social studies yang dilakukan Guru berupa kegiatan pembiasaan secara berulang di dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:37
Last Modified: 24 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item