Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi

Ramadhani, Nia dan Gunawan, Rudy dan Jumardi, Jumardi (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075018_NIA RAMADHANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075018_NIA RAMADHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemahaman pembelajaran sejarah pada media pembelajaran video pada peserta didik kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi. Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing masing siklus berupa perencanaan pengamatan serta pelaksanaan. Pada siklus I peneliti menggunakan metode ceramah bervariatif dimana peserta didik tidak semangat dalam proses pembelajaran tersebut dikarenakan sangat membosankan. Hasil test yang di dapatkan saat metode ceramah bervariatif pun sangat tidak memuaskan pasalnya masih banyak peserta didik yang test nya tidak tuntas. Selanjutnya pada siklus II peneliti menggunakan media video sebagai media pembelajaran tersebut. Hasilnya pun para peserta didik sangat antusias dalam menonton video tersebut, bukan hanya antusias dalam menonton melaikan mereka aktif dalam proses pembelajaran tersebut seperti halnya jika tidak mengerti mereka bertanya kepada guru yang bersangkutan. Hasil test yang telah dikerjakan oleh peserta didik pun sangatlah memuaskan bahkan semua nya memiliki nilai diatas kkm. Pada kesimpulan tersebut dengan demikian terbukti media pembelajaran video pada mata pelajaran sejarah khususnya materi masuknya Islam ke Nusantara sangat berpengaruh pada pemahaman peserta didik kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:37
Last Modified: 24 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item