Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coomposition (CIRC)

Shaleh, Ismail dan Gunawan, Rudy dan Jumardi, Jumardi (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coomposition (CIRC). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075008_ISMAIL SHALEH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1501075008_ISMAIL SHALEH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Dilaksanakan dengan kolaboratif antara peneliti, observer dan obyek yang diteliti.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-E SMP Negeri 20 Depok yang berlokasiJl. Martha Dinata 5, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas Kota Depok, Jawa Barat 16434. dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampaiApril 2019. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diadakan tes dengan instrumen yang telah di uji validasi, di uji reliabilitasnya dan uji analisis item tes. Nilai hasil belajar IPS siswa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas adalah 54,7, tes hasil belajar setelah dilakukan penelitian siklus 1 mencapai 67,5 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 22,2% dan siklus 2 mencapai 76,7 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 97,2% dari jumlah siswa. Antusiasme siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari 55,5% pada pertemuan ke-1 menjadi 57,64% pada pertemuan ke-2, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan dari 79,53 pada pertemuan ke-1 menjadi 88,89 pada pertemuan ke-2. Aktivitas guru meningkat dari siklus 1 sampai siklus 2, terlihat guru sudah sangat memahami langkah-langkah pembelajaran. Kuesioner siswa terhadap penggunaan model pun meningkat dari siklus 1 sampai siklus 2 yang menunjukkan siswa setuju diterapkannya model tersebut. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 20 Depok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:37
Last Modified: 24 Jun 2022 03:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14377

Actions (login required)

View Item View Item