Studi Pemikiran Analisis Kepribadian Sigmund Freud

Fitirana, Alya Nailul dan Yulia, Cici (2020) Studi Pemikiran Analisis Kepribadian Sigmund Freud. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015036_ALYA NAILUL FITRIANA.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015036_ALYA NAILUL FITRIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan pendekatan Psikoanalisis menurut Sigmund Freud dan pengaplikasiannya dalam dunia psikologi ataupun pendidikan. Serta untuk mengetahui konsep struktur kepribadian menurut Sigmund Freud dan mendeskripsikan struktur kepribadian tersebut, diantaranya: Id, Ego, dan Super-Ego. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research atau riset kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode studi tokoh. studi tokoh sering disebut juga dengan penelitian riwayat hidup tokoh. Penulis mencoba mengkaji buku-buku dan penelitian-penelitian yang sudah ada. Selanjutnya untuk mencapai suatu deskripsi yang tepat. Penelitian ini mengkaji secara ilmiah berbagai literatur-literatur yang relevan terhadap tema. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa landasan pendekatan psikoanalisis menitikberatkan pada unsur struktur kepribadian, yakni: Id, Ego dan Super-Ego. Id merupakan wakil citra diri biologis individu. Id berkuasa atas prinsip kesenangan. Ego beroperasi dari prinsip realitas, hingga dapat melakukan suatu hal dengan menunda kepuasan. Super-Ego yakni sebagai wasit tingkah laku yang diinternalisasikan untuk berkembang dan memberikan respon terhadap reward maupun punishment yang diberikan oleh orang tua ataupun masyarakat. Pendekatan psikoanalisis dapat diaplikasikan pada bidang psikologis dan pendidikan untuk mengatasi gangguan-gangguan psikis individu. Psikoanalisis sebagai aliran utama dalam psikologi yang mengupas mengenai struktur kepribadian individu dipaparkan dalam Id, Ego dan Super-Ego. Sedangkan konsep psikoanalisis yang diterapkan dalam pendidikan adalah pendidikan yang bermuara pada penciptaan kreativitas peserta didik dan memodifikasi serta memperkaya tingkat perilaku dalam ukuran pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 17 Jun 2022 04:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item View Item