Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Tahun Angkatan 2016)

Purahmaningrizki, Lulu Sekar Ayu dan Nurmawati, Nurmawati (2020) Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Tahun Angkatan 2016). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015034_LULU SEKAR AYU PURAHMANINGRIZKI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015034_LULU SEKAR AYU PURAHMANINGRIZKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penundaan menyelesaikan tugas akhir menyusun skripsi menjadi beban dan masalah mahasiswa karena waktu, kemauan serta kemampuan yang kurang dalam penulisan skripsi. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil dan mendeskripsikan bentuk prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Prof. DR. HAMKA tahun angkatan 2016. Dalam penulisan skripsi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Popoulasi berjumlah 125 mahasiswa dengan jumlah sampel 95 orang dengan pengambilan secara non Probabilty sampling. Uji Validitas menggunakan korelasi Product moment sebanyak 50 butir pernyataan skala liker dengan 40 butir pernyataan valid dan 10 butir pernyataan soal tidak valid. Uji relibilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha memperoleh rhitung = 0.928 > rtabel = 0.235, maka data mahasiswa memiliki instrument yang reliabel karena rhitung lebih besar dari pada rtabel. Hasil penelitian dari 95 mahasiswa memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang rendah dengan hasil 39 atau (41,1%) dan dari 4 sub indikator terdapat 3 sub indikator berada pada kategorisasi tinggi dan 1 sub indikator yang berada pada kategorisasi rendah, dengan hasil mahasiswa jarang melakukan prokrastinasi akademik namun masih banyak mahasiswa belum melaksanakan sidang skripsi disebabkan nilai matakuliah ada yang yang belum di keluarkan oleh dosen, masih ada mata kuliah yang harus diambil dan dosen pembimbing yang sulit dihubungi. Kesimpulan penelitian prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Prof.DR.HAMKA memiliki tingkatan yang rendah dengan sebanyak 39 mahasiswa jarang melakukan prokrastinasi akademik dalam penulisan skripsi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 17 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item