Pengaruh Motode Bermain Peran Stanislavski terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Drama Kelas XI SMAN 6 Depok

Awalia, Khoirur Rizqa dan Suyatno, Suyatno (2020) Pengaruh Motode Bermain Peran Stanislavski terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Drama Kelas XI SMAN 6 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045087_KHOIRUR RIZQA AWALIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045087_KHOIRUR RIZQA AWALIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanankan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI IIS 1 SMAN 6 Depok yang menunjukan bahwa terdapat 51% siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pemberian metode bermain peran Stanislavski diharapkan kepercayaan diri yang dialami oleh siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui metode bermain peran
Stanislavski. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terpilih kelas
XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dan pemberian tugas bermain peran monolog yang di dokumentasikan dalam video. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan α = 0.05. Didapatkan hasil Fhitung 1,52 ≤ Ftabel 1,69. Maka, data yang diperoleh berdistribusi homogen (signifikan). Hasil penelitian diperoleh, kepercayaan diri terkait pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum mendapatkan motode bermain peran Stanislavski rata-rata nilai kelas eksperimen 67,94. Setelah mendapatkan metode bermain peran Stanislavski kepercayaan diri siswa meningkat dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 79,59. Dari perhitungan Hipotesis diperoleh thitung 15,243 > ttabel 1.664. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode bermain peran Stanislavski terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Drama.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 27 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item