Telaah Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019/2020

Salamah, Ismi dan Safii, Imam (2020) Telaah Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045077_ISMI SALAMAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045077_ISMI SALAMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian secara mendalam serta mendeskripsikan data yang berkaitan dengan Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” untuk SMP/MTs kelas IX terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditelaah berdasarkan tingkatkesesuaian instrumen evaluasi membaca dan menulis dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan insrumen penilaian yang terdapat pada lampiran Permendikbud No. 58 Tahun 2014 mengenai kompetensi dasar untuk kelas IX.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: jumlah kesesuaian isntrumen evaluasi membaca dengan KD pada kurikulum 2013, yaitu: (1) teks eksemplum 85,71% (2) teks tanggapan kritis 65,45% (3) teks tantangan 73,03% dan (4) teks rekaman percobaan 62,38. Sedangkan jumlah kesesuaian instrumen evaluasi menulis dengan KD pada kurikulum 2013 yaitu: (1) teks eksemplum 47,82% (2) teks tanggapan kritis 34,55% (3) teks tantangan 38,20% dan (4) teks rekaman percobaan 27,52%. Berdasarkan penelitian, Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” untuk SMP/MTs kelas IXcukup layak digunakan sebagai sumber pembelajaran utama di sekolah/lembaga pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 28 Jun 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item