Tindak Tutur pada Iklan Layanan Masyarakat di Televisi: Sebuah Kajian Pragmatik

Ramadhanty, Indah dan Hasanudin, Dede (2020) Tindak Tutur pada Iklan Layanan Masyarakat di Televisi: Sebuah Kajian Pragmatik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045021_INDAH RAMADHANTY.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045021_INDAH RAMADHANTY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur dan kategori tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui simak catat berdasarkan tuturan iklan layanan masyarakat di televisi. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa jumlah tindak tutur dari 10 iklan layanan masyarakat di televisi yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta stasiun televisi swasta nasional Indonesia periode Januari 2019 – Mei 2020 sebanyak 44 tuturan. Dari jumlah tersebut ditemukan ketiga jenis tindak tutur yaitu tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi dan tindak tutur perlokusi. Kemudian, ditemukan empat kategori tindak tutur ilokusi yaitu asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Tuturan asertif meliputi verba menunjukkan, menyatakan, mengemukakan pendapat, menyebutkan, dan melaporkan. Tuturan direktif meliputi verba menyarankan, mengajak, memerintah, memohon, memberi nasihat, dan memaksa. Tuturan komisif meliputi verba menawarkan dan berjanji. Tuturan ekspresif hanya meliputi verba mengungkapkan keresahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 25 Jun 2022 12:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item