Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar (Siswa Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor)

Rahmadini, Amalia Tri dan Marsinun, Rahmiwati dan Dasalinda, Dwi (2019) Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar (Siswa Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1501015149_AMALIA TRI RAHMADINI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1501015149_AMALIA TRI RAHMADINI.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi mengenai hubungan dukungan sosial keluarga dengan kemandirian belajar siswa Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur bentuk hubungan yang positif dan negatif Dukungan sosial keluarga dan kemandirian siswa Kelas V di SDS Plus Hang Tuah 7. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Non-Probability Sampling dengan teknik Total Sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala yang di sebarkan oleh peneliti untuk responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dalam Hubungan dukungan sosial keluarga dengan kemandirian siswa. Hipotesis penelitian membuktikan bahwa diperoleh t hitung > t tabel yaitu 0,9933 > 0,244, maka dapat disimpulkan 98% Tingkat Kemandirian Belajar Siswa (Variabel Y) berhubungan dengan Dukungan Sosial Keluarga (Variabel X). Kesimpulan membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang positif dalam Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar Siswa kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor. Kemandirian siswa dalam belajar sangat penting untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Saran pada penelitian ini hendaknya dukungan sosial keluarga dapat ditingkatkan lagi dengan cara memberikan dukungan emosional, informasi, materi dengan baik pada anak agar dapat mempertahankan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: BD Speculative Philosophy > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 17 Jun 2022 06:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14285

Actions (login required)

View Item View Item