Analisis Gaya Bahasa Pada Buku Kumpulan Puisi Karya Joko Pinurbo Bulumatamu : Padang Ilalang Serta Implementasi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Putri, Evita Maina dan Yanti, Prima Gusti (2020) Analisis Gaya Bahasa Pada Buku Kumpulan Puisi Karya Joko Pinurbo Bulumatamu : Padang Ilalang Serta Implementasi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045004_EVITA MAINA PUTRI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045004_EVITA MAINA PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis Analisis Gaya Bahasa pada buku Kumpulan Puisi Karya Joko Pinurbo Bulumatamu : Padang Ilalang Serta Implementasi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah buku Kumpulan Puisi Karya Joko Pinurbo Bulumatamu : Padang Ilalang Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan cara membaca secara keseluruhan judul puisi yang terdapat didalamnya, menandai dan mengidentifikasi gaya bahasa yang terdapat pada setiap judul puisi Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan memberi simpulan hasil analisis gaya bahasa yang terdapat didalam buku tersebut.
gaya bahasa merupakan sebuah sebuah bahasa yang indah digunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan memperkenalkan serta memperbandingkan suatu benda atau hal tertentu. Dengan singkat gaya bahasa dapat diartikan mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang menjadikan khas dari sang penulis.
Gaya bahasa personifikasi adalah gaya bahasa yang mengibaratkan benda mati seolah-oleh menjadi hidup dan menghasilkan hasil karya yang lebih bermakna, gaya bahasa perumpamaan perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berlainan dan yang sengaja kita anggap sama, gaya bahasa metofora membuat perbandingan antara dua hal atau benda untuk menciptakan kesan sesuatu kesan mental yang hidup walaupun tidak dinyatakan secara eksplisit, gaya bahasa depersonifikasi adalah kebalikan gaya personifikasi yaitu membedakan manusia atau insan, gaya bahasa pleonasme ialah penggunaan kata-kata yang berlebih yang jika dituliskan tidak akan merubah makna aslinya, perifasi adalah jenis gaya bahasa yang mirip dengan pleonasme namun perbedaannya perifrasi dapat digantikan dengan kata saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang terdapat pada buku Kumpulan Puisi Karya Joko Pinurbo Bulumatamu : Padang Ilalang. berjumlah lima gaya bahasa. Kelima gaya bahasa tersebut adalah personifikasi, alegori, pleonasme, antisipasi atau prolepsis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 07 May 2022 02:35
Last Modified: 25 Jun 2022 10:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item