Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua Dalam Keberhasilan Belajar Daring di Era Covid-19 Di SDN Mustika Jaya V

Ismariskita, Adifa dan Giyanti, Sri (2020) Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua Dalam Keberhasilan Belajar Daring di Era Covid-19 Di SDN Mustika Jaya V. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025081_ADIFA ISMARISKITA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025081_ADIFA ISMARISKITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dan orang tua berpengaruh atau tidak dalam keberhasilan belajar daring, bentuk kerjasama yang dilakukan guru dan orang tua dalam keberhasilan belajar daring, upaya yang dilakukan guru dan orang tua peserta didik dalam keberhasilan belajar secara daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik non-probability sampling, informan yang digunakan bersifat purposive sampling. Informan penelitian ini adalah guru kelas dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang ditemukan yaitu komunikasi guru dan orang tua dalam keberhasilan daring di era covid-19, bentuk kerjasama yang dilakukan guru dan orang tua dalam keberhasilan daring di era covid-19, upaya yang dilakukan guru dan orang tua dalam keberhasilan daring di era covid-19 dan keberhasilan belajar daring di era covid-19.
Kesimpulan penelitian ini adalah melakukan komunikasi guru dan orang tua di Sekolah Dasar Negeri Mustika Jaya V secara aktif dan efektif menjadikan peserta didik lebih bersemangat karena mendapatkan dukungan dari guru dan juga orang tua, bentuk kerjasamanya yaitu dengan membentuk komunikasi, komunikasi antarpribadi. Dan komunikasi kelompok, upaya yang dilakukan yaitu memaksimalkan komunikasi dan keberhasilan belajar daring dapat diketahui dari pola komunikasi yang dilakukan guru dan orang tua dengan melihat kinerja peserta didik selama peserta didik mengikuti proses kegiatan belajar daring.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item View Item