Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKnSiswa Kelas V SDN 02 Banding Agung

Indriyani, Indriyani dan Yamin, Yamin (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKnSiswa Kelas V SDN 02 Banding Agung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025076_INDRIYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025076_INDRIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 02 Banding Agung pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,900 > 0,396, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen L0 < L1, Yaitu 0,176 < 0,190, dan Kelas Kontrol L0 < L1, Yaitu 0,092 < 0,190, maka dapat disimpulkan
bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,68 < 2,17, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok
berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,827 > 2,024.
Dengan demikian H0 di tolak dan H1 di terima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil
Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN 02 Banding Agung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item