Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Melalui Adobe Flash CS6 Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas V

Ilahi, Feby Zuhri dan Sari, Prima Mutia (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Melalui Adobe Flash CS6 Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas V. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025065_FEBY ZUHRI ILAHI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025065_FEBY ZUHRI ILAHI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis HOTS melalui Adobe Flash CS6 pada Materi Suhu dan Kalor untuk siswa kelas V, serta mengetahui kualitas produk ini yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan pengembangan model yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis HOTS melalui Adobe Flash CS6. Uji kelayakan produk didasarkan pada hasil penelitian ahli media dan ahli materi. Media pembelajaran ini diujicobakan pada uji coba kecil terdiri dari 10 siswa kelas VB dan uji coba besar terdiri dari 34 siswa kelas VA di SDN Cinere 2 dan siswa akan memberikan penilaian media yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsevasi dan angket. Analisis data berupa kombinasi deksriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis HOTS melalui Adobe Flash CS6 pada Materi Suhu dan Kalor yang telah dikembangakan berdasarkan ahli materi didapatkan skor persentase sebesar 76.00 % dengan kategori baik, selanjutnya hasil validasi oleh ahli media didapatkan skor persentase sebesar 84.00 % dengan kategori sangat baik. Implementasi dilakukan pada kelas V SDN Cinere 2 dengan uji coba kecil didapatkan hasil kualitas media pembelajaran sebesar 76.67 % dengan kategori baik dan uji coba besar didapatkan hasil kualitas media pembelajaran sebesar 78.59 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Melalui Adobe Flash CS6 Pada Materi Suhu dan Kalor layak digunakan sebagai sumber belajar Kelas V.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item View Item