Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon pada Materi Energi dan Bentuk-bentuk Perubahannya

Pratiwi, Melly Siska dan Zulherman, Zulherman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon pada Materi Energi dan Bentuk-bentuk Perubahannya. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025053_MELLY SISKA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025053_MELLY SISKA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi energi dan bentuk-bentuk perubahannya dalam bentuk video animasi berbasis aplikasi powtoon untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, serta mengetahui kualitas produk ini yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan di uji coba oleh peserta didik sebanyak 79 peserta didik.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon yang telah dikembangkan berdasarkan ahli media memperoleh skor presentase sebesar 86% dengan kriteria sangat valid, selanjutnya validasi oleh ahli materi didapatkan perolehan skor presentase sebesar 82% dengan kriteria sangat valid. Uji coba kelayakan yang dilakukan oleh guru memperoleh skor presentase sebesar 91 % dengan kriteria sangat baik. Dan uji coba produk yang dilakukan oleh peserta didik dengan memperoleh skor presentase sebesar 81% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon pada Materi Energi dan Bentuk-bentuk perubahannya layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item