Representasi Nilai Karakter Dalam Cerita Rakyat Sangkuriang, Si Kabayan, Dan Lutung Kasarung Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Smp

Rustati, Eriana Dwi dan Riadi, Sugeng (2020) Representasi Nilai Karakter Dalam Cerita Rakyat Sangkuriang, Si Kabayan, Dan Lutung Kasarung Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Smp. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045059_ERIANA DWI RUSTANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045059_ERIANA DWI RUSTANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam cerita Sangkuriang, Si Kabayan, dan Lutung Kasarung serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra SMP. Tujuan dari penelitian adalah : 1) mendeskripsikan nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Sangkuriang, Si Kabayan dan Lutung Kasarung. 2) mendeskripsikan implikasi nilai karakter pada ketiga cerita rakyat tersebut dalam pembelajaran sastra SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan data secara sistematis berupa kata, kalimat atau paragraph. Langkah awal dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis data dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam ketiga cerita rakyat tersebut. Nilai karakter yang terdapat dalam ketiga cerita rakyat tersebut adalah nilai karakter mandiri, jujur, tanggung jawab, kreatif, cinta damai, kerja keras, peduli sosial, demokratif, rasa ingin tahu, dan bersahabat. Pada cerita rakyat Sangkuriang, nilai karakter yang dominan ialah nilai karakter kreatif, karena Sangkuriang tidak kehabisan akal untuk memenuhi syarat yang diberikan oleh Dayang Sumbi. Nilai karakter yang dominan pada cerita rakyat Si Kabayan adalah nilai karakter tanggung jawab, karena walaupun Kabayan pemalas, tetapi ia bertanggung jawab terhadap istri dan mertuanya, sedangkan nilai karakter yang dominan pada cerita Lutung Kasarung adalah peduli sosial, karena Purbasari adalah orang yang sangat baik, dan suka menolong siapapun yang butuh pertolongan tanpa meminta imbalan sedikitpun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 24 Jun 2022 04:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item