Pengaruh Model Pembelajaran Debat terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Pada Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas V DI SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur.

Baskoro, Bimo Adi dan Mawani, Sri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Debat terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Pada Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas V DI SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025047_BIMO ADI BASKORO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025047_BIMO ADI BASKORO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan model Pembelajaran Debat terhadap Kecerdasan Emosional Siswa pada pembelajaran tema. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desainnya adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Ciracas 05 Pagi dengan jumlah 62 peserta didik,teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket tertutup dan bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Uji normalitas keterampilan berbicara Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan uji One Sample Kolomogorov – Sminov. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok yang menggunakan model pembelajaran debat diperoleh data asymp.sig untuk kelas eksperimen sebesar 0,200. Sedangkan pengujian untuk kelas kontrol diperoleh data asymp.sig 0,200. Data dinyatakan berdistribusi normal jika signifikasi lebih besar dari 5% atau 0,05 Asymp.sig > 0,05. Maka dengan demikian populasi bersdistribusi normal. Uji homogenitas Kecerdasan Emosional Siswa menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung = 1,13 < Ftabel = 1,84. Karena Fhitung < Ftabel(0,05;31;29) maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,7158 > ttabel = 2,000 maka Ho ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran debat terhadap kecerdasan emosional siswa pada materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas V di SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14193

Actions (login required)

View Item View Item