Analisis Nilai-Nilai Religius Dalam Cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Riantika, Dita dan Sukardi, Sukardi (2020) Analisis Nilai-Nilai Religius Dalam Cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045020_DITA RIANTIKA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045020_DITA RIANTIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penilitian ini untuk mendekripsikan nilai religius dalam materi pembelajaran (cerpen) pada pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif sedangkan metode yang digunakan adalah motode deskriptif data penelitian ini dari cerpen “Konvensi” karya A. Mustofa Bisri. Diketahui bahwa nilai Religius adalah suatu pandangan yang berhubugan dengan manusia dan Tuhan terdiri dari; penyerahan diri, tunduk dan taat, kehidupan yang penuh kemuliaan, perasaan batin yang ada hubungannya dengan Tuhan, perasaan berdosa, perasaan takut, mengakui kebesaran tuhan, dengan demikian, nilai-nilai Religius ini yang terdapat dalam cerpen tersebut bermanfaat bagi guru dan siswa di SMA dalam menunjang pembelajaran apresiasi sastra di Indonesia.
Kata Kunci: nilai Religius, Rancangan Pembelajaran, Cerpen Konvensi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 25 Jun 2022 10:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14191

Actions (login required)

View Item View Item