Konflik Batin Tokoh Utama Pada Novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Saputro, Enggal Ferydinata dan Ibrahim, Nini (2020) Konflik Batin Tokoh Utama Pada Novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045003_ENGGAL FERYDINATA SAPUTRO.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045003_ENGGAL FERYDINATA SAPUTRO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karya sastra diciptakan oleh pengarang atau sastrawan untuk dipahami, dimanfaatkan, dan dinikmati oleh masyarakat dalam kehidupan. Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk menemukan konflik batin tokoh utama dalam novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Pada skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi dan tabel analisis. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra, pendekatan ini salah satu pendekatan dalam sastra yang mengkaji tentang kejiwaan tokoh. Data yang sudah didapatkan dari novel kemudian dianalisis secara deskriptif dan memberikan kesimpulan dari data yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menemukan konflik batin tokoh utama yang terdiri dari (1) Konflik mendekat-mendekat, (2) Konflik mendekat- menjauh, (3) Konflik menjauh-menjauh. Dalam novel yang dikaji penulis mendapatkan 27 kutipan konflik batin yang mencakup Konflik mendekat-mendekat 6 buah kutipan, Konflik mendekat- menjauh 9 buah kutipan, Konflik menjauh- menjauh 8 kutipan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konflik batin yang paling sering dialamioleh tokoh utama dalam novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad adalah konflik mendekat-menjauh, konflik batin tersebut paling dominan muncul dalam novel itu. Hasil penelitian ini juga dapat diimpplementasikan ke dalam pembelajaran sasatra di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 25 Jun 2022 10:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item