Hubungan Bentuk Kepribadian dengan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa di Kelas VI SDN Gedong 10 Jakarta Timur

Handayani, Nia dan Nurwahyuni, Nurwahyuni (2020) Hubungan Bentuk Kepribadian dengan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa di Kelas VI SDN Gedong 10 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025043_NIA HANDAYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025043_NIA HANDAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bentuk kepribadian
dengan kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa siswi sekolah dasar.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat hubungan yang signifikan antara bentuk kepribadian dengan kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa”. Penelitian ini dilakukan di SDN Gedong 10 Jakarta Timur
pada kelas VI, tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti menggunakan sampel jenuh, sehingga seluruh siswa dikelas VI dengan jumlah 35 siswa dijadikan sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan metode survei dan instrumen penelitian menggunakan angket untuk kedua variabel. Dengan jumlah item masing-masing angket sebanyak 40 butir. Variabel bentuk kepribadian menggunakan skala gutman dengan skor 1-0. Pengujian validitas bentuk kepribadian ini menggunakan rumus
korelasi point biseral. Variabel kemampuan menjalin relasi pertemanan menggunakan skala likert dengan skor 5,4,3,2,1 dan menggunakan rumus person produc moment. Data yang sudah valid diolah kembali dengan pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha. Jumlah item valid untuk kedua angket masingmasing sebanyak 30 butir.
Uji normalitas bentuk kepribadian di uji menggunakan uji lilifors. Dari perhitungan rumus tersebut, data bentuk kepribadian diperoleh nilai Lhitung = 0,128 dan Ltabel = 0,150 dengan taraf signifikan α = 5% (Lhitung < Ltabel ), maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Perhitungan data kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa Lhitung = 0,149 dan Ltabel = 0,150 dengan taraf signifikan α
= 5% (Lhitung < Ltabel ), maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Persamaan regresi penelitian ini adalah Ŷ = 69,82 + 1,34X. Pengujian kelinieran regresi dengan menggunakan Analisis Varians (ANAVA) di dapat Fhitung = 0,057dan Ftabel 2,26 (Fhitung < Ftabel ) , maka regresi linier. Untuk pengujian keberartian regresi di dapat Fhitung = 17,35 dan Ftabel = 4,14 (Fhitung > Ftabel ) maka regresi signifikan. Untuk uji hipotesis, menggunakan uji-t. Dan diperoleh thitung = 4,165 dan ttabel = 1,6957 (thitung > ttabel ) maka H0 ditolak atau dengan kata lain H1 diterima sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara bentuk kepribadian dengan
kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,3445 artinya, bentuk keperibadian memberikan kontribusi untuk kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa sebesar 34,45%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:33
Last Modified: 17 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item