Psikologi Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu karya Boy Candra menggunakan Psikologi Behaviorisme Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP

Reza, Elfa Shafira dan Hikmat, Ade (2020) Psikologi Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu karya Boy Candra menggunakan Psikologi Behaviorisme Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045002_ELFA SHAFIRA REZA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045002_ELFA SHAFIRA REZA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui psikologi kepribadian tokoh utama dalam novel Sepasang Kekasih yang Belum Betemu karya Boy Candra dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMP. Serta Mendeskripsikan kepribadian yang dialami tokoh Boy dalam novel Sepasang Kekasih yang Belum Betemu karya Boy Candra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Sepasang Kekasih yang Belum Betemu karya Boy Candra, dan sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku sebagai acuan penelitian dan internet. Objek penelitian ini adalah psikologi kepribadian tokoh uatama, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMP. Fokus penelitian ini, yaitu: difokuskan pada deskripsi kepribadian Boy dan psikologi kepribadian berdasarkan teori Skinner, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, baca, dan catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: psikologi kepribadian berdasarkan teori skinner meliputi (1) sikap meliputi kepribadian Boy tidak terlepas dari pengalaman di masa lalunya. Bahwa sosok Boy merupakan sosok yang mencoba membuka hatinya untuk Wulan Sari, (2) stimulus meliputi kondisi psikologis tokoh utama yang di pengaruhi stimulus terkondisi dan (3) respon berdasarkan atas analisis peneliti pada novel sepasang kekasih yang belum bertemu karya Boy Candra yaitu: pertama respon tak terkondisi yang muncul secara alami.
Berdasarkan hasil analisis psikologi tokoh utama pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra di sekolah menegah pertama (SMP) di kelas VIII. Pada Kurikulum K13, dapat dilihat dari standar kompetensi yang ingin dicapai seperti “Menganalisis ekstrinsik novel Indonesia atau terjemahan”. Metode yang digunakan dalam pembelajaran sastra untuk siswa SMP kelas VIII adalah metode kooperatif, analisis psikologi yang terjadi pada tokoh utama dalam novel Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu karya Boy Candra berdasarkan teori behaviorisme dalam penelitian ini memiliki kaitan dengan SK atau KD yang telah dtetapkan dalam kurikulum K13.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 07 May 2022 02:33
Last Modified: 25 Jun 2022 10:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item