Analisis (Maksim) Kesantunan Berbahasa Di Kawasan Masyarakat Bekasi Kaum – Bekasi Kota

Rusdiansyah, Muhammad Arief dan Yanti, Prima Gusti dan Riadi, Sugeng (2020) Analisis (Maksim) Kesantunan Berbahasa Di Kawasan Masyarakat Bekasi Kaum – Bekasi Kota. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1701049005_MUHAMMAD ARIEF RUSDIANSYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1701049005_MUHAMMAD ARIEF RUSDIANSYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang ada di lingkungan masyarakat sekitar. Populasi dalam penelitian ini hanya ada 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah yang memuat fenomena kesantunan berbahasa di kalangan masyarakat baik yang mematuhi maupun yang melanggar terhadap maksim-maksim kesantunan berbahasa.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa masyarakat yang mematuhi kesantunan berbahasa jumlah presentasenya mencapai 76.31 %. Itu artinya penduduknya sudah mulai mengerti dan memahami dalam penggunaan kesantunan berbahasa ketika berbicara dengan orang dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan masyarakat yang menyimpang dari aturan kesantunan berbahasa jumlah presentasenya sebesar 23.68 %. Itu artinya penduduknya masih menggunakan kesantunan berbahasa dalam berbicara walaupun hanya sedikit beberapa orang yang menyimpang dari kesantunan berbahasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semua masyarakat yang ada di lingkungan Bekasi Kaum sudah mulai mematuhi kesantunan dalam berbahasa walaupun masih ada sebagian masyarakat yang menyimpang dari aturan kesantunan berbahasa dalam berbicara dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:42
Last Modified: 28 Jun 2022 08:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item