Gaya Bahasa Perbandingan dalam Sastra Puisi Siber dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Sum’a, Sum’a dan Yanti, Prima Gusti (2020) Gaya Bahasa Perbandingan dalam Sastra Puisi Siber dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045131_SUM'A.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045131_SUM'A.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan penggunaan gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam puisi unggahan akun instagram gilasastra pada bulan April, sehingga dapat diketahui gaya bahasa perbandingan yang paling dominan dalam unggahan puisi pada bulan april oleh akun instagram gilasastra.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu puisi yang diungggah oleh akun instagram gilasastra pada bulan april, penelitian ini difokuskan pada gaya bahasa
perbandingan dalam unggahan akun instagram gilasastra pada bulan april. Berdasarkan hasil penelitian dalam akun gila sastra ditemukan 32 gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam puisi unggahan akun instagram gilasastra, dengan gaya bahasa perbandingan yang paling mendominasi adalah
personifikasi, metafora, alegori, perumpamaan, antitesis, pleonasme. Implikasi mengenai gaya bahasa perbandingan dalam unggahan puisi akun intagram gilasastra, dapat dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembelajaran sastra khususnya pembelajaran puisi disekolah. Utamanya mengapresiasi puisipuisi yang diunggah dalam media sosial yang menggunakan gaya bahasa perbandingan dari tingkat membaca, menggemari, menikmati, dan mereaksi sehingga ketingkat produktif sehingga mendorong partisipasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:42
Last Modified: 28 Jun 2022 07:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item