Kesantunan Berbahasa dalam Acara Televisi Ini Baru Empat Mata di Trans7 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Sukma, Syuhda Cahaya dan Sulistyawati, Sulistyawati (2020) Kesantunan Berbahasa dalam Acara Televisi Ini Baru Empat Mata di Trans7 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045123_SYUHDA CAHAYA SUKMA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045123_SYUHDA CAHAYA SUKMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dalam acara televisi Ini Baru Empat Mata di Trans7. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan program acara Ini Baru Empat mata di Trans7 yang diambil dari situs youtube dan ditranskripsikan kemudian melakukan analisis data secara deskriptif. Setelah dilakukan penelitian diperoleh sejumlah 50 data hasil analisis mengenai berbagai macam prinsip kesantunan berbahasa yaitu maksim kebijaksanaan 14 tuturan, maksim kedermawanan 2 tuturan, maksim penghargaan 18 tuturan, maksim kesederhanaan 3 tuturan, maksim permufakatan 7 tuturan dan maksim kesimpatian 6 tuturan. Hasil tersebut terbukti dari dialog para bintang tamu dan pembawa acara yang menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa sangat baik karena melakukan kesantunan dengan lebih dominan pada maksim penghargaan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pemilihan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:42
Last Modified: 24 Jun 2022 04:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item