Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD)

Faz, Ainur El dan Sukardi, Sukardi (2020) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045109_AINUR EL FAZ.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045109_AINUR EL FAZ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada nya nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Data dalam penelitian ini dianalisisdengan cara membaca secara keseluruhan isi dongeng, menandai dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam dongeng. Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan memberi simpulan hasil analisis nilai pendidikan karakter serta menyusun rancangan pembelajarannya di Sekolah Dasar (SD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer berjumlah lima nilai. Kelima nilai tersebut adalah religius,gotong royong, mandiri, integritas, nasionalis. Nilai pendidikan karakter tersebut hadir dengan berbagai cara. Ada yang tampak melalui ucapan atau perkataan tokoh, ada yang hadir melalui peristiwa yang terjadi dalam dongeng, dan ada juga yang tampak melalui perilaku atau perbuatan tokoh. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar bahasa dan sastra adalah nilai pendidikan karakter yang hadir lewat perilaku tokoh. Hal tersebut akan memudahkan siswa dalam menginterpretasi nilai yang terkandung dalam dongeng sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (SD), khususnya kelas rendah yaitu kelas I, II dan III.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:41
Last Modified: 28 Jun 2022 07:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item