Kesantunan Berbahasa Pada Tradisi Palang Pintu

Komariyati, Siti dan Hidayatullah, Syarif (2020) Kesantunan Berbahasa Pada Tradisi Palang Pintu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045093_SITI KOMARIYATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045093_SITI KOMARIYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa pada tradisi palang pintu.
Penulis menggunakan metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik simak catat. Teori yang digunakan adalah Leech dalam Chaer (2010) tentang prinsip kesantunan berbahasa yang dibagi menjadi enam maksim yaitu maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan dan maksim kesimpatian.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa tradisi palang pintu terdapat pematuhan maksim dan pelanggaran maksim. Pematuhan maksim kebijaksanaan terdiri 7 pasangan dialog, maksim penerimaan terdiri 0 pasangan dialog, maksim kemurahan terdiri 7 pasangan dialog, maksim kerendahan hati terdiri 0 pasangan dialog, maksim kecocokan terdiri 12 pasangan dialog dan maksim kesimpatian terdiri 0 pasangan dialog. Beberapa pelanggaran maksim yang ditemukan meliputi pelanggaran maksim kebijaksanaan 5 pasangan dialog, pelanggaran maksim penerimaan 0 pasangan dialog, pelanggaran maksim kemurahan 33 pasangan dialog, pelanggaran maksim kerendahan hati 8 pasangan dialog, pelanggaran maksim kecocokan 0 pasangan dialog dan pelanggaran maksim kesimpatian 1 dialog. Di dalam hasil penelitian ini yang lebih dominan adalah pelanggaran maksim kemurahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 27 Jun 2022 08:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item