Pengembangan Media Aplikasi PEGA Berbasis Komputer dalam Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Kelas IV di SDN Mampang Prapatan 02 Pagi

Wardani, Nurwianti Susila dan Supriansyah, Supriansyah (2020) Pengembangan Media Aplikasi PEGA Berbasis Komputer dalam Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Kelas IV di SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025014_NURWIANTI SUSILA WARDANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025014_NURWIANTI SUSILA WARDANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media aplikasi PEGA berbasis computer untuk siswa kelas IV SD, serta untuk mengetahui kualitas produk media aplikasi PEGA berbasis komputer yang telah dikembangkan sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, model ini memiliki 5 tahapan yaitu : 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Media aplikasi PEGA di uji coba kepada siswa kelas IV di SDN Mampang Prapatan 02 Pagi yang memiliki laptop atau komputer dengan sampel 27 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media aplikasi PEGA berbasis komputer yang telah dikembangkan berdasarkan validasi ahli media didapatkan skor persentase secara keseluruhan sebesar 90% dengan kategori sangat baik, selanjutnya hasil validasi ahli materi didapatkan skor persentase secara keseluruhan sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Uji coba dilakukan pada siswa kelas IV berdasarkan penilaian siswa secara keseluruhan penilaian aplikasi yang didapatkan sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan Pengembangan Media Aplikasi PEGA Berbasis Komputer dalam Pembelajaran IPA materi gaya layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 17 Jun 2022 03:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item