Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit

Wahyuni, Ida Tri dan Sari, Prima Mutia (2020) Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025007_IDA TRI WAHYUNI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025007_IDA TRI WAHYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini siswa-siswi SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit dan sampelnya adalah SDN Duren Sawit 02, 10 dan 14 Pagi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit yaitu 35,14 dengan kategori sedang. SDN Duren Sawit 02 Pagi didapatkan nilai rata-rata 39,74 dengan kategori sedang, SDN Duren Sawit 10 Pagi didapatkan nilai rata-rata 34,91 dengan kategori rendah dan SDN Duren Sawit 14 Pagi didapatkan nilai rata-rata 30,78 dengan kategori rendah. Hasil penelitian terhadap rata-rata tiap indikator menunjukkan bahwa indikator tertinggi di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit pada indikator memberikan penjelasan lebih lanjut dengan skor rata-rata 38 dan indikator terendah di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit pada indikator mengatur strategi dan taktik dengan skor rata-rata 31.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item