Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kecepatan Berhitung Perkalian 6 sampai 10 Siswa SDIT AL-Kahfi Jakarta Timur

Marwa, Alfiyyah dan Wahidin, Wahidin (2020) Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kecepatan Berhitung Perkalian 6 sampai 10 Siswa SDIT AL-Kahfi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025003_ALFIYYAH MARWA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025003_ALFIYYAH MARWA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara empirik, penerapan metode jarimatika terhadap kecepatan berhitung perkalian 6 sampai 10 pada siswa kelas II SDIT AL-Kahfi Jakarta Timur.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasy Eksperiment, Nonequivalent (Prettest-Posttest) control group design pada kelas II SDIT AL-Kahfi Jakrata Timur. Kelompok pertama diberikan perlakuan yang menggunakan metode jarimatika untuk pembelajaran berhitung perkalian disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut dengan kelompok kontrol. Dua kelompok yang ada akan diberikan pre-test, kemudian diberikan perlakuan untuk kelompok eksperimen, dan terakhir diberikan post-test untuk kedua kelompok tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan kecepatan dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen menggunakan metode jarimatika adalah 82.95% dalam kategori efektif. Sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan metode jarimatika adalah 68.38% masuk dalam masuk kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil uji-t, menunjukan bahwa thitung = 10.325 lebih besar dari nilai ttabel adalah sebesar 2.01, dan hasil signifikansi 2-tailed sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh peningkatan kecepatan berhitung perkalian siswa yang signifikan antara kelompok yang menggunakan metode jarimatika dan kelompok yang tidak menggunakan metode jarimatika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item