Pengaruh Keterampilan Menulis Teks Narasi Terhadap Pembuatan Skenario Film Melalui Media Puzzle Gambar Seri Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Tambun Utara

Amalia, Nisrina Nur dan Nusivera, Egi (2020) Pengaruh Keterampilan Menulis Teks Narasi Terhadap Pembuatan Skenario Film Melalui Media Puzzle Gambar Seri Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Tambun Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045046_NISRINA NUR AMALIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045046_NISRINA NUR AMALIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Menulis Teks Narasi Terhadap Pembuatan Skenario Film Melalui Media Puzzle Gambar Seri Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Tambun Utara tahun ajaran 2019-2020 dengan membandingakan nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasy Experimental. Sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumah keseluruhan siswa kelas XI IIS 1 dan XI MIA 3 sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari kelas XI IIS 1 yang berjumlah 34 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas menggnakan uji pakar dengan persetujuan guru bahasa Indonesia dari sekolah tempat penelitian. Rancangan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pre-test post-test control grup design. Dalam rancangan penelitian ini melibatkan dua kelompok subjek, kelompok yang satu diberi perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan kelompok satu lagi tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol). Kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random, kemudian akan diberikan pre-test dan post-test kepada kelompok-kelompok tersebut untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test sebesar 56,94 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 58,26 masih lebih rendah dibandingkan kelas ekperimen, (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test sebesar 64,32 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 74,06 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (3) rata-rata nilai post-test kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 74,06 > 64,32 yang berarti hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji hipotesis nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 (<0.05) berkesimpulan ada perbedaan secara signifikan dalam Pembuatan Skenario Film Melalui Media Puzzle Gambar Seri Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Tambun Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 25 Jun 2022 10:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item