Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Penggunaan Pojok Baca Siswa Kelas II SDN Menes 1 Pandeglang

Lyanidita, Lyanidita dan Yanti, Prima Gusti dan Arini, Novanita Whindi (2020) Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Penggunaan Pojok Baca Siswa Kelas II SDN Menes 1 Pandeglang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1501025208_LYANIDITA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1501025208_LYANIDITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat membaca siswa dan faktor yang mempengaruhinya di kelas II SDN Menes 1, Kabupaten Pandeglang. Rendahnya minat membaca di Indonesia terutama
anak-anak di kelas dasar sangatlah memprihatinkan, selayaknya kegemaran membaca harus ditanamkan sejak dini agar anak merasa senang ketika membaca
buku sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan cara mencari informasi tentang permasalahan yang ada, didefinisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara pendekatannya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk membuat laporan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Minat membaca peserta didik kelas II di SDN Menes 1 Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang cukup rendah, sekitar 30%-40%. 2) Strategi yang dilakukan oleh guru untuk membuat minat membaca siswa di SD Negeri 1 Menes, antara lain: a) melakukan pemetaan minat siswa secara umum, b) menyediakan pojok baca di kelas, c) menambah koleksi buku
bacaan sesuai minat siswa, dan d) membuat papan kreativitas yang berisi gambar - gambar untuk membuat menarik minat baca siswa. Pemetaan minat siswa dilakukan untuk mengetahui atau mendata minat siswa
secara umumyang nantinya akan disesuaikan dengan penambahan koleksi buku dan pembuatan papan kreativitas. Pojok baca di kelas II SDN Menes 1 memiliki fungsi untuk menumbuh kenalkan budaya membaca siswa. Selain pojok baca, ditambahkan pula koleksi buku bacaan yang sesuai dan dibuat papan kreativitas
yang berisi gambar dan kata-kata yang berfungsi menarik minat siswa. Adapun hal yang menjadi hambatan dari strategi yang diterapkan oleh guru adalah kurangnya motivasi membaca siswa, serta dukungan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item View Item