Konflik Psikologis Tokoh Ben Barata dalam Novel Dirty Little Secret Karya AliaZalea Sebagai Upaya Memilih Bahan Pembelajaran Sastra di SMA ( Kajian Psikologis Sastra)

Apriyani, Listiya dan Hikmat, Ade (2020) Konflik Psikologis Tokoh Ben Barata dalam Novel Dirty Little Secret Karya AliaZalea Sebagai Upaya Memilih Bahan Pembelajaran Sastra di SMA ( Kajian Psikologis Sastra). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045035_LISTIYA APRIYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045035_LISTIYA APRIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik psikologis dalam novel Dirty Little Secret Karya AliaZalea Sebagai Upaya Memilih Bahan Pembelajaran Sastra di SMA (Kajian Psikologis Sastra) . serta mendeskripsikan karakter tokoh yang di alami tokoh Ben Barata dalam novel Dirty Little Secret Karya AliaZalea.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif .Sumber data primer penelitian ini adalah novel Dirty Little Secret Karya AliaZalea, dan sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku sebagain acuan penelitian dan internet. Objek penelitian ini adalah konflik psikologis toko utama, dan upaya pembelajaran sastra di SMA. Fokus penelitian ini yaitu di fokuskan pada deskripsi akibat konflik psikologis Ben Barata berdasarkan kajian prikologis sastra. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis data proses mencari data, menyusun secara sistematis data diperoleh dari hasil mengenalisis lalu mengorganisasikan data kedalam katagori, menjabarkan kedalam unit-unti, melakukan sintesis, menyusun kedalam pola memilih mana yang penting dan mana yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bajwa konflik psikologis berdasarkan kajian psikologis sastra yaitu penyebab terjadinya konflik meliputi konflik batin, manusia dengan manusia, frustasi, ketidakberdayaan, kekecewaan, kemarahan. Berdasarkan hasil analisis konflik psikologis sastra ini dapat dijadikan sebagai bahan Pembelajaran sastra di sekolah menengah atas (SMA) terdapat pada kelas XI, Kurikulum KTSP/2013 dapat dilihat Kompetensi Dasar : 15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh-tokoh. Dalam Dirty Little Secret Karya AliaZalea Sebagai Upaya Bahan Pembelajaran Sastra di SMA ( Kajian Psikologis Sastra) dapat digunakan sebagai bahan ajar karena dalam novel tersebut mengandung konflik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 24 Jun 2022 04:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item View Item