Kalimat Imperatif pada Film Hati Merdeka karya Yadi Sugandi serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Riyadi, Saefullah dan Hasanudin, Dede (2020) Kalimat Imperatif pada Film Hati Merdeka karya Yadi Sugandi serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045025_SAEFULLAH RIYADI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045025_SAEFULLAH RIYADI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian secara mendalam serta mendeskripsikan data yang berkaitan dengan film dokumenter sejarah Indonesia yang berjudul Hati Merdeka karya Yadi Sugandi yang dianalisis dengan kalimat imperatif. Penelitian ini menggunakan teori yang berasal dari buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Hasan Alwi, dkk. Pada buku tersebut menjabarkan pembagian kalimat imperatif menjadi tujuh kategori yaitu kalimat imperatif taktransitif, transitif, halus, permintaan, ajakan dan harapan, larangan, pembiaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan prosedur mengunduh dan kemudian menonton film berulang kali melalu aplikasi Youtube dan adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Jumlah dialog yang mengandung kalimat imperatif pada film Hati Merdeka, yaitu (1) Imperatif taktransitif sebanyak 9 dialog (2) Imperatif transitif sebanyak 7 dialog (3) Imperatif halus sebanyak 1 dialog (4) Imperatif permintaan sebanyak 0 dialog (5) Imperatif ajakan sebanyak 6 dialog (6) Imperatif larangan sebanyak 10 dialog dan (7) Imperatif pembiaran sebanyak 0 dialog. Berdasarkan penelitian, Film Hati Merdeka karya Yadi Sugandi cukup banyak didapati kalimat imperatifnya, terdapat 33 kalimat imperatif dalam dialog film tersebut dan ada dua jenis kalimat imperatif yang tidak terdapat dalam film tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 25 Jun 2022 10:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item