Pengaruh Soal Bahasa Indonesia Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi

Khaerunnisa, Addini Zahra dan Ibrahim, Nini (2020) Pengaruh Soal Bahasa Indonesia Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045011_ADDINI ZAHRA KHAERUNNISA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045011_ADDINI ZAHRA KHAERUNNISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh soal bahasa Indonesia berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) terhadap kompetensi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto dengan desain penelitian The Basic Causal Comparative Design. Teknik yang digunakan yaitu Purposive Sampling dan Random Sampling. Pada uji validitas menggunakan pretest dan posttest sebanyak 25 butir soal serta kuesioner sebanyak 20 butir pertanyaan. Pretest sebanyak 15 butir valid dan 10 butir tidak valid, posttest sebanyak 9 butir valid dan 16 butir tidak valid serta kuesioner 16 butir valid dan 4 butir tidak valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus alpha ronbach pretest menunjukkan hasil 0,63, uji reliabilitas instrumen posttest menunjukkan hasil 0,53 dan uji realibilitas instrumen kuisioner menunjukkan hasil 0,78. Maka simpulannya adalah hasil uji reliabilitas instrumen pretest dan kuisioner memiliki nilai realibilitas yang tinggi/kuat, sedangkan hasil uji posttest memiliki nilai realibilitas yang
sedang/cukup. Kemudian untuk tingkat kesukaran data pada pretest terdapat 1 butir yang sukar, 17 butir sedang dan 7 butir yang mudah. Tingkat kesukaran pada posttest terdapat 1 butir sukar, 20 butir sedang dan 4 butir mudah. Lalu untuk daya pembeda pada pretest terdapat 11 butir yang kurang, 9 cukup, dan 5 baik, sedangkan pada posttest terdapat 13 butir yang kurang, 10 butir cukup, dan 2 baik.
Selanjutnya data dianalisis dengan uji persyaratan normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors diperoleh nilai Asymp Sig. keempat data yaitu pretest kelas eksperimen 0,261 dan kelas kontrol 0,453 serta posttest kelas eksperimen
0,500 dan kelas kontrol 0,452 > taraf signifikansi 0,05 atau 5%, maka dapat disimpulkan bahwa keempat data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh nilai Asymp Sig.untuk pretest yaitu 0,715 dan posttest yaitu 0,195. Maka dapat dikatakan nilai tersebut > taraf signifikansi 0,05 atau 5% dan data dikatakan homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji paired sample t-test
diperoleh t-hitung pada kelas eksperimen yaitu -5,638 dengan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan t-hitung pada kelas kontrol yaitu -4,791 dengan taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian taraf signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan
H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol ini lebih tinggi daripada rata-rata nilai pretest.Selanjutnya uji ANCOVA diperoleh nilai F yang menunjukkan pengaruh antar kelompok memperoleh
sebesar 32,512 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian nilai probabilitasnya yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa soal bahasa Indonesia berorientasi HOTS (Higher Order
Thinking Skills) berpengaruh terhadap kompetensi belajar bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 25 Jun 2022 10:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item