Gaya Bahasa Sarkasme Pada Akun Pribadi Deddy Corbuzier di Youtube

Firmansyah, Oki dan Hasanudin, Dede dan Rahman Jupri, Abdul (2020) Gaya Bahasa Sarkasme Pada Akun Pribadi Deddy Corbuzier di Youtube. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1501049005_OKI FIRMANSYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1501049005_OKI FIRMANSYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan Gaya Bahasa di youtube yang banyak mengandung unsur dan bentuk sarkasme. Pada skripsi ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi.
Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan menonton konten video kemudian mentranskrip konten video youtube Deddy Corbuzier. Mempelajari kata atau kalimat yang terdapat di setiap tuturan, sesuai dengan teori yang dipakai dalam pemilihan, serta menulis dan memasukkan data yang ditemukan ke dalam tabel analisis. Ditemukan 34 kutipan yang mengandung sarkasme dari 6 konten video yang diklasifikasi dan diposting oleh Deddy Corbuzier pada tahun 20172019.

Adapun dipilihnya konten video Deddy Corbuzier karena pada saat ini banyak pembuat konten yang tidak memperhatikan bahasa atau tuturan yang digunakannya layak atau tidak jika konten tersebut ditonton oleh anak di bawah umur. Berdasarkan analisis data ditemukan 34 kutipan yang mengandung sarkasme pada youtube Deddy Corbuzier. Diketahui bahwa dominan mengandung tindak tutur sarkasme dalam bentuk celaan yang getir yaitu terdapat 15 tuturan, seperti “Kalo dia jelek harganya berapa?”. Terdapat 7 tindak tutur sarkasme dalam
bentuk kepahitan, seperti “Walaupun belum tentu kalian pintar ya.”. Sedikit ditemukan tindak tutur sarkasme dalam bentuk menyakiti hati yaitu terdapat 5 tuturan, seperti “Kaesang itu ga pantes jadi anakanya presiden, ga pantes.” Kemudian ditemukan tindak tutur sarkasme dalam bentuk kurang enak didengar yaitu terdapat 7 tuturan, seperti “Gini bro cara berpikir gua tuh seperti seorang pelacur.”

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:07
Last Modified: 25 Jun 2022 09:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item