Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur

Putri Amina, Endira dan Qodariah, Lelly dan Kusnadi, Engkus (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1301045182_ENDIRA PUTRI AMINIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1301045182_ENDIRA PUTRI AMINIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran STAD kelas V di SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 52 siswa yaitu kelas V A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan VB berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen.
Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan
Fisher. Pada kelompok kontrol, pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,881 dan kelompok eksperimen didapat Lhitung = 0,9292, sedangkan Ltabel = 0,1705. Dengan
taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (52). Karena Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan data kelompok eksperimen berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji – t diperoleh thitung = 9,424 pada taraf signifikan α =
0,05 dengan derajat kebebasan (52) karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji-t yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwaterdapat Pengaruh Model Cooperative Learning Dengan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Susukan 06 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:07
Last Modified: 17 Jun 2022 02:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item