Optimasi Kombinasi Ekstrak Etanol 70% Herba Sambiloto (Andrographis Paniculata (Burm.F.) Nees) Dan Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius Roxb.) Sebagai Penurunan Kadar Gula Darah Dan Perbaikan Sel Pankreas

Prasetyo, Eka Rachmad dan Hadi Sunaryo, Hadi dan Ni Putu Ermi Hikmawati, Ermi (2022) Optimasi Kombinasi Ekstrak Etanol 70% Herba Sambiloto (Andrographis Paniculata (Burm.F.) Nees) Dan Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius Roxb.) Sebagai Penurunan Kadar Gula Darah Dan Perbaikan Sel Pankreas. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-180022_Rachmad Eka Prasetyo.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-180022_Rachmad Eka Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat mengakibatkan pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif sehingga terjadi peningkatan konsentrasi glukosa di dalam darah (hiperglikemia). Herba sambiloto dan daun pandan wangi telah diketahui mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai antihiperglikemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kombinasi ekstrak etanol 70% herba sambiloto dan daun pandan wangi terhadap penurunan kadar gula darah tikus tikus putih jantan galur Sparague dawley yang diinduksi aloksan. Hewan uji dibagi menjadi 7 kelompok perlakuan, masing-masing kelompok terdiri dari 4 ekor tikus. Kelompok I (kontrol negatif), kelompok II (kontrol positif diberi glibemklamid 0,052 mg/200g bb tikus), kelompok III dan IV (kelompok ekstrak tunggal), kelompok V, VI danVII (kelompok perlakuan) diberi kombinasi ekstrak etanol 70% herba sambiloto dan daun pandan wangi dosis 200:60, 100:60 dan 100:120 mg/200g bb tikus. Data penurunan kadar gula darah tikus hiperglikemi dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kombinasi ekstrak dosis II (100 : 60 mg/200g bb tikus) adalah kombinasi dosis yang lebih baik (P<0,05) dari kelompok ekstrak tunggalnya dan sebanding (P>0,05) dengan kontrol positif glibenklamid.

Kata kunci: Andrographispaniculata (Burm.f.) Nees, daun pandan wangi, gula darah, herba sambiloto, Pandanus amaryllifolius Roxb., pankreas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:35
Last Modified: 08 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item View Item