Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Ketapang (Terminalia Catappa L.) Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperkolesterolemia Dengan Parameter Pengukuran Polesterol Total Dan Ldl

Arista, Desilva dan Ani Pahriyani, Ani dan Maharadingga, Maharadingga (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Ketapang (Terminalia Catappa L.) Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperkolesterolemia Dengan Parameter Pengukuran Polesterol Total Dan Ldl. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190188_DESILVA ARISTA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190188_DESILVA ARISTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada daun ketapang terdapat adanya senyawa berkhasiat bagi kesehatan, kandungan senyawa yang terdapat yaitu flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, fenol dan terpenoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol 70% daun ketapang (Terminalia catappa L.) dalam menurunkan kadar kolesterol total dan LDL darah pada hamster syrian jantan hiperglikemia dan hiperkolesterolemia. Hewan uji dibagi 6 kelompok perlakuan, masing-masing kelompok terdiri dari 4 ekor hamster, yaitu kontrol normal, kontrol positif (atorvastatin), kontrol negatif, Kontrol Uji (KU) I, II, dan III. Pemberian ekstrak dan atorvastatin selama 14 hari setelah induksi pakan tinggi lemak dan aloksan. Parameter pengukuran berupa persentase penurunan kadar kolesterol total dan LDL. Hasil uji ANOVA satu arah menunjukkan adanya perbedaan setelah perlakuan. Selanjutnya dilakukan uji Tukey yang menunjukkan KU III (dosis tertinggi 120 mg/Kg BB) memiliki persentase terbesar dalam penurunan kadar kolesterol total dan LDL, namun tidak sebanding dengan kontrol positif. Kesimpulan, ekstrak etanol 70% daun ketapang aktif dalam menurunkan kolesterol total dan LDL namun tidak lebih baik dari atorvastatin.

Kata kunci: Daun ketapang, hiperglikemia, hiperkolesterolemia, kolesterol total dan LDL.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:35
Last Modified: 08 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item