Pengaruh Variasi Konsentrasi Setil Alkohol Sebagai Stiffening Agent Dalam Kombinasi Dengan Natrium Lauril Sulfat Sebagai Emulgator Terhadap Stabilitas Fisik Krim Ekstrak Buah Jambu Biji Merah (Psidium Guajava L.)

Marsha, Cindy dan Naniek Setiadi, Rajab dan Nining, Nining (2022) Pengaruh Variasi Konsentrasi Setil Alkohol Sebagai Stiffening Agent Dalam Kombinasi Dengan Natrium Lauril Sulfat Sebagai Emulgator Terhadap Stabilitas Fisik Krim Ekstrak Buah Jambu Biji Merah (Psidium Guajava L.). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190177_CINDY MARSHA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190177_CINDY MARSHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Buah jambu biji merah memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C, untuk memudahkan penggunaan maka dibuat dalam bentuk sediaan krim (M/A). Krim dibuat dengan mengkombinasikan natrium lauril sulfat sebagai emulgator dan setil alkohol sebagai peningkat konsistensi, agar diperoleh sediaan krim yang memiliki stabilitas fisik yang baik dan konsistensi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini, adalah mengetahui pengaruh variasi konsentrasi setil alkohol yang digunakan bersama natrium lauril sulfat terhadap stabilitas fisik sediaan krim. Ekstrak kental buah jambu biji merah diformulasikan menjadi 3 formula dalam bentuk sediaan krim dengan kombinasi natrium lauril sulfat (0,5%) dan setil alkohol (2,5%, 3,5%, 4,5%). Evaluasi yang dilakukan meliputi uji organoleptis, homogenitas, pH, tipe krim, viskositas dan sifat alir, uji daya sebar serta uji pemisahan fase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa buah jambu biji merah dapat dijadikan suatu bentuk sediaan krim, dan semakin tinggi konsentrasi setil alkohol yang digunakan, dapat meningkatkan nilai viskositas, menurunkan nilai pH, menurunkan kemampuan daya sebar dan meningkatkan stabilitas fisik pada uji pemisahan fase dari sediaan krim ekstrak buah jambu biji merah dan penggunaan setil alkohol 4,5% menunjukkan stabilitas fisik krim ekstrak buah jambu biji merah yang lebih baik dari konsentrasi lainnya.

Kata Kunci : Krim, ekstrak etanol buah jambu biji merah, stabilitas fisik.
Pengaruh Variasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:34
Last Modified: 08 Aug 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item View Item