Aktivitas Antibakteri Fraksi N-Heksan Dari Ekstrak Metanol Daun Mangga Bacang (Mangifera Foetida L.) Terhadap Bakteri Enterobacter Aerogenes

Zamalludin, Iqbal dan Sherley, Sherley dan Wahyu Hidayati, Wahyu (2022) Aktivitas Antibakteri Fraksi N-Heksan Dari Ekstrak Metanol Daun Mangga Bacang (Mangifera Foetida L.) Terhadap Bakteri Enterobacter Aerogenes. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190173_IQBAL ZAMALLUDIN.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190173_IQBAL ZAMALLUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Enterobacter aerogenes merupakan bakteri penyebab berbagai macam infeksi. Salah satu pengobatan berbagai penyakit infeksi yaitu dengan pemberian antibiotik. Penggunaan antibiotik sintetik memiliki beberapa kekurangan seperti efek samping, diantaranya menimbulkan hipersensitivitas secara lokal pada kulit seperti reaksi alergi dan reaksi toksik. Secara terus menerus dapat menyebabkan resistensi, sehingga untuk mengatasinya diperlukan pencarian bahan obat alami. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antibakteri yaitu daun mangga bacang (Mangifera foetida L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi yang dapat menghambat 50% pertumbuhan bakteri Enterobacter aerogenes dari fraksi n-heksan daun mangga bacang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan mikrodilusi. Konsentrasi yang digunakan untuk fraksi n-heksan adalah 5, 10, 15, 30, 65 ppm. Sebagai antibiotik pembanding digunakan tetrasiklin dengan konsentrasi 2, 4, 6, 8, 10 ppm. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan hasil dari uji aktivitas antibakteri fraksi n-heksan dari ekstrak metanol daun manga bacang terhadap Enterobacter aerogenes bahwa fraksi h-heksan menunjukkan aktivitas antibakteri dengan nilai IC50 sebesar 12,8603 ppm dengan potensi relatif sebesar 0,3336 kali tetrasiklin.

Kata Kunci: Antibakteri, Enterobacter aerogenes, Mangifera foetida L.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:34
Last Modified: 08 Aug 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item