Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Mangga Arumanis (Mangifera Indica L.) Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Malassezia Furfur

Febriyanti, Rita dan Priyanto, Priyanto dan Imam Hardiman, Imam (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Mangga Arumanis (Mangifera Indica L.) Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Malassezia Furfur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190170_RITA FEBRIYANTI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190170_RITA FEBRIYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Malassezia furfur adalah jamur (sebelumnya dikenal sebagai Pityrosporum) termasuk ke dalam genus Malassezia yang bertanggung jawab pada terjadinya beberapa penyakit kulit termasuk ketombe pada rambut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas penghambatan jamur Malassezia furfur dari ekstrak etanol daun mangga arumanis (Mangifera indica L.). Kandungan metabolit sekunder dalam daun mangga arumanis adalah flavonoid, alkaloid, tanin, fenol, dan saponin. Simplisia daun mangga arumanis diekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70%. Pengujian aktivitas antijamur menggunakan metode gores silang. Konsentrasi ekstrak etanol daun mangga arumanis yang digunakan adalah 4.000; 8.000; 16.000; 32.000 dan 64.000 μg/ml serta pembanding ketokonazol dengan konsentrasi 0,5; 1; 2; 4; dan 8 μg/ml. Parameter yang digunakan adalah dengan melihat zona bening disekitar sampel uji. Data hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier. Dari hasil uji aktivitas ekstrak etanol daun mangga arumanis menghasilkan kadar terkecil pada konsentrasi 4.000 μg/ml yang menghasilkan zona hambat. Berdasarkan hasil yang diperoleh potensi relatif sebesar 3,6 x 10-5 kali ketokonazol.

Kata Kunci: Ketombe, Malassezia furfur, daun mangga arumanis, ketokonazol

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:34
Last Modified: 08 Aug 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item View Item