Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Musilago Kering Dari Buah Maja (Aegle Marmelos (L.) Correa) Sebagai Superdisintegrant Pada Fast Disintegrating Tablet Metoklopramid Hidroklorida Dengan Metode Kempa Langsung

Putra, Diansyah Efver dan Inding, Gusmayadi dan Ari Widayanti, Ari (2022) Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Musilago Kering Dari Buah Maja (Aegle Marmelos (L.) Correa) Sebagai Superdisintegrant Pada Fast Disintegrating Tablet Metoklopramid Hidroklorida Dengan Metode Kempa Langsung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190138_EFVER DIANSYAH PUTRA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190138_EFVER DIANSYAH PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Polisakarida merupakan rantai panjang dari monosakarida yang dapat berfungsi sebagai penghancur pada sediaan tablet. Salah satu polisakarida yang dapat digunakan sebagai bahan penghancur adalah musilago kering buah maja (Aegle marmelos). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan konsentrasi musilago kering buah maja sebagai superdisintegrant pada sifat fisik Fast Disintegrating Tablet (FDT) metoklopramid HCl. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan isolasi musilago kering buah maja, kemudian dilanjutkan dengan pencampuran massa serbuk yang ditambahkan musilago kering buah maja sebagai superdisintegrant dengan konsentrasi 8%, 10%, 12%, 14%, 16%. Setelah itu pada tablet dilakukan evaluasi sifat fisik, meliputi uji organoleptis, keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur, serta dilakukan penetapan kadar dan keseragaman kandungan. Hasil evaluasi, tablet berwarna putih kecoklatan dengan bobot 198,15 mg-203,45 mg, kekerasan 2,46 kg/cm2-2,95 kg/cm2, kerapuhan 0,65%-0,70% dan uji waktu hancur yang diperoleh dari kelima formula yaitu, 37,35 detik, 31,87 detik, 26,00 detik, 20,94 detik dan 18 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi musilago kering buah maja maka semakin cepat waktu hancur dari tablet FDT, dan didapat pada konsentrasi 16% memiliki waktu hancur yang tercepat yaitu 18 detik.

Kata Kunci: Musilago Kering Buah Maja, Superdisintegran, Fast Disintegrating Tablet Metoklopramid HCl

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 22 Aug 2022 11:58
Last Modified: 22 Aug 2022 11:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13935

Actions (login required)

View Item View Item