Uji Efektivitas Fraksi Air Daun Hijau Pucuk Merah (Syzygium Myrtifolium Walp.) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Serum Pada Tikus Putih Jantan (Rattus Norvegicus) Hiperurisemia

Saputra, Sodiq Ahmad dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Vera, Ladeska (2022) Uji Efektivitas Fraksi Air Daun Hijau Pucuk Merah (Syzygium Myrtifolium Walp.) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Serum Pada Tikus Putih Jantan (Rattus Norvegicus) Hiperurisemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190134_AHMAD SODIQ SAPUTRA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190134_AHMAD SODIQ SAPUTRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hiperurisemia adalah gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Daun hijau pucuk merah (Syzygium myrtifolium Walp.) adalah tanaman yang dapat menurunkan kadar asam urat serum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian fraksi air daun hijau pucuk merah (Syzygium myrtifolium Walp.) terhadap penurunan kadar asam urat serum tikus putih jantan hiperurisemia. Pengujian dilakukan selama 23 hari dengan membagi 24 ekor tikus putih jantan ke dalam 6 kelompok, kontrol positif diberi pakan tinggi purin dan allopurinol 4,11 mg/200 gBB, kelompok uji diberikan pakan tinggi purin dan fraksi air dengan dosis 0,08mg; 0,17 mg; 0,35 mg/200 gBB. Pengambilan darah dilakukan melalui sinus orbital, lalu diukur dengan metode enzimatik menggunakan spektrofotometer klinikal. Data dianalisis statistika dengan ANOVA satu arah dan Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok dosis 3 fraksi air daun hijau pucuk merah (Syzygium myrtifolium Walp.) dosis 0,35 mg/200 gBB tikus dapat menurunkan kadar asam urat sebesar 39,39%, namun tidak signifikan sebanding dengan kontrol positif sebesar 54,68%.

Kata kunci: Asam urat, Syzygium myrtifolium Walp, daun hijau pucuk merah, antihiperurisemia, fraksi air daun hijau pucuk merah.
Uji Aktivitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 22 Aug 2022 11:58
Last Modified: 22 Aug 2022 11:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item