Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Yakon (Smallanthus Sonchifolius (Poepp.) H.Rob.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Dan Peningkatan Kadar Hdl Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperlipidemia

Sepriyani, Rani dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Ni Putu Ermi Hikmawati, Ermi (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Yakon (Smallanthus Sonchifolius (Poepp.) H.Rob.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Dan Peningkatan Kadar Hdl Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperlipidemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190125_RANI SEPRIYANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190125_RANI SEPRIYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun yakon (Smallanthus sonchifolius) memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemia dan antihiperlipidemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol 70% daun yakon terhadap penurunan kadar trigliserida dan peningkatan kadar HDL pada hamster hiperglikemia dan hiperlipidemia. Penelitian ini menggunakan hamster Syrian jantan sebanyak 24 ekor yang dikelompokan menjadi 6 kelompok perlakuan terdiri dari kelompok kontrol normal, dan kontrol negatif yang diberikan Na CMC 0,5%, kontrol positif yang diberikan fenofibrat, dosis I (180 mg/kgBB), dosis II (360 mg/kgBB), dan dosis III (720 mg/kgBB). Seluruh kelompok diinduksi aloksan monohidrat dan pakan hiperlipid kecuali kontrol normal. Serum darah direaksikan dengan triglycerides liquicolor untuk pengukuran trigliserida, HDL precipitant, cholesterol liquicolor untuk pengukuran HDL kemudian diukur menggunakan spektrofotometer klinikal. Data dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Ekstrak etanol 70% daun yakon dengan dosis 360 mg/kgBB dan 720 mg/kgBB dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL yang sebanding (P>0,05) dengan kontrol positif yaitu fenofibrat dosis 12,33 mg/kgBB dengan persentase penurunan trigliserida sebesar 45,51% dan 52,60% dan persentase peningkatan HDL sebesar 34,99% dan 41,83%.

Kata kunci: Smallanthus sonchifolius, trigliserida, HDL

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 22 Aug 2022 11:57
Last Modified: 22 Aug 2022 11:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item