Sintesis Dan Karakterisasi Hidrogel Polivinil Alkohol (Pva)-Gel Lidah Buaya (Aloe Vera (L.) Burm. F.) Dengan Teknik Iradiasi Untuk Pembalut Luka

Safhitry, Eka Zanuar dan Hariyanti, Hariyanti dan Erizal, Erizal (2022) Sintesis Dan Karakterisasi Hidrogel Polivinil Alkohol (Pva)-Gel Lidah Buaya (Aloe Vera (L.) Burm. F.) Dengan Teknik Iradiasi Untuk Pembalut Luka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190116_ZANUAR EKA SAFHITRY.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190116_ZANUAR EKA SAFHITRY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hidrogel adalah struktur tiga dimensi polimer hidrofilik yang dapat menyerap dan mempertahankan air atau cairan biologis. Telah dilakukan penelitian sintesis dan karakterisasi hidrogel Polivinil Alkohol (PVA) dan gel lidah buaya (Aloe vera (L.) Burm. F.) dengan teknik radiasi untuk pembalut luka. Penelitian ini bertujuan membuat hidrogel dari campuran polimer hidrofilik PVA dan gel lidah buaya melalui iradiasi sinar gamma yang dapat dipakai untuk pembalut luka. Larutan PVA (10% berat) yang mengandung gel lidah buaya (5%, 10%, 15%), dibeku lelehkan (3 siklus) dan diradiasi dengan variasi dosis (10 kGy sampai 20 kGy). Hidrogel dikarakterisasi dengan spectrophotometer Fourier Transfrom Infra-Red (FT-IR) dan Scanning Electron Microscope (SEM). Fraksi gel, daya serap air, dan laju penguapan air ditentukan secara gravimetri. Sifat mekanik hidrogel diukur dengan Instron meter. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan dosis iradiasi dari 10 kGy hingga 20 kGy dan peningkatan konsentrasi gel lidah buaya, peningkatan perpanjangan putus dan tegangan putus hidrogel, peningkatan laju penguapan air hidrogel, kemampuan hidrogel menyerap air relatif menurun, fraksi gel hidrogel cenderung tetap. Pengamatan menggunakan SEM, menunjukkan hidrogel PVA-Gel lidah buaya memiliki struktur pori yang tidak teratur dengan ukuran 5 μm sampai 23 μm. Hidrogel PVA-Gel lidah buaya selanjutnya dapat digunakan sebagai pembalut luka.

Kata Kunci : Hidrogel, pembalut luka, Polivinil Alkohol (PVA), gel lidah buaya, Aloe vera (L.) Burm. f.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:02
Last Modified: 15 Sep 2022 06:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13913

Actions (login required)

View Item View Item