Evaluasi Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis (Oat) Pada Pasien Tuberculosis (Tb) Paru Di Rumah Sakit (Rsup) Persahabatan Jakarta

Rostuti, Rostuti dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul dan Nurhasnah, Nurhasnah (2022) Evaluasi Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis (Oat) Pada Pasien Tuberculosis (Tb) Paru Di Rumah Sakit (Rsup) Persahabatan Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190109_ROSTUTI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190109_ROSTUTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Indonesia sebagai Negara berkembang berada di peringkat ketiga jumlah kasus TB tersebar di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi obat TB (OAT) terdiri dari tepat dosis dan lama pengobatan diambil data pada tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non eksperimental dengan pengambilan data secara retrospektif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisa berdasarkan toolkit Kemenkes RI 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 pasien TB di RSUP Persahabatan ditemukan adanya ketidaktepatan dosis yaitu sebesar 11 pasien di antaranya ketidaktepatan dosis pada Obat anti tuberkulosis (OAT) jenis Fixed dose combination (FDC) 4,82% dan ketidaktepatan OAT Tunggal 41,18%. Berdasarkan jumlah kasus pengobatan diperoleh 1.172 kasus ditemukan ketidaktepatan dosis pada OAT FDC sebesar 0,88% dan OAT Tunggal sebesar 6,76% ketidaktepatan OAT tunggal terdiri dari isoniazide 0,41%, etambutol 5,94%, streptomisin 0,41%. Lama pengobatan OAT kategori I < 6 bulan sebesar 23% dan OAT kategori II < 7 bulan sebesar 5%. Kesimpulan: masih ditemukan adanya ketidaktepatan pada pemberian dosis dan masih ditemukan pasien yang tidak mengikuti pengobatan selama 6 bulan lebih di RSUP Persahabatan Jakarta.

Kata Kunci: Tuberkulosis Paru, Evaluasi, Obat Anti tuberkulosis (OAT),

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:02
Last Modified: 15 Sep 2022 06:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item View Item